Random Template

Cara Mengoperasikan Macromedia Dreamweaver 8

Written By Mhd.Ridwansyah on Kamis, 19 Juli 2012 | Kamis, Juli 19, 2012

Membuat Website Menggunakan Macromedia Dreamweaver dan php MyAdmin


Untuk membuat sebuah website dapat dilakukan dengan berbagai macam cara , misalnya saja menggunakan aplikasi Wysiwyg Web Builder, Macromedia Dreamweaver, Adobe Dreamweaver CS5, XAMPP, Joomla dan aplikasi lainnya yang berbasis php, html ataupun aplikasi online seperti  www.wix.com.
Namun kali ini saya hanya akan menjelaskan tentang cara membuat website menggunakan aplikasi Macromedia Dreamweaver 8 dan php MyAdmin untuk mendapatkan hostingnya. Sebelum masuk ke pembuatan web, terlebih dahulu saya mencari template CSS yang telah tersedia. Mengapa dilakukan demikian? Karena menurut saya cara pembuatan web dengan mengedit template yang telah tersedia lebih mudah dan menghemat waktu dibandingkan harus membuat template sendiri dari awal. Walaupun rasa kepuasan yang didapat akan lebih menyenangkan bila membuat semuanya dengan kemampuan kita sendiri.
Langkah pertama yang dilakukan yaitu mengubah background dan title serta tampilan web seperti yang diinginkan. Untuk mengedit gambarnya, saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Image yang saya butuhkan untuk membuat web “Berbagi Kata” diantaranya :

1.       Background template web
2.       Title web


3.       Home Image
4.       Profil Picture
5.       Foto Puisiku
6.       Blog Image
 


7.       Button
Setelah mengumpulkan komponen-komponen image untuk membuat web, lalu masuk ke dalam pengeditan teks atau tulisan. Langkah-langkahnya yaitu :

1.       Buka aplikasi Macromedia Dreamweaver 8, lalu pilih Dreamweaver Site.

2.    Lalu akan muncul kotak dialog Site Definition for puisiku. Pada tab Basic , isi kotak What would you like to name your site? dengan nama website yang diinginkan . Misalnya “puisiku” kemudian klik tombol Next.

3.       Pada pembuatan website ini kita tidak menggunakan ASP.NET, ASP, JSP or PHP sehingga klik pilihan untuk No, I do not want to use a sever technology.

4.      Selanjutnya Editing Files, Part 3 klik pilihan Edit local copies on my machine, then upload to server when ready (recommended). Dan pilih direktori folder untuk menyimpan file-file yang akan dijadikan komponen dalam membuat website.

5.       Pada kategori Sharing Files :
Pilih model server yang akan kita gunakan untuk menjalankan website. Lakukan pengaturan sebagai berikut : How do you connect to your remote server? Kemudian pilih None.

6.       Setelah pembuatan Site Definition selesai, klik Done. Berikut ini merupakan hasil dari pembuatan Site Definition untuk web puisiku.

7.       Jika pengaturan sudah berhasil, pembaca akan melihat di bagian panel Dreamweaver telah muncul folder yang berisi website puisiku. Kemudian pilih index.html untuk melakukan pengeditan web pada template CSS yang telah tersedia. Berikut ini adalah tampilannya :

8.    Gambar di bawah ini merupakan tampilan awal dari index.html yang sudah dilakukan pengeditan. Bagian-bagian dari web ini diantaranya : Beranda, Profil, Blog, Posting Puisi, dan Puisiku.
Gambar1. Beranda

Gambar2. Profil

Gambar3. Puisiku

Gambar4. Blog

 Gambar5. Posting Puisi

Pada panel Puisiku dan Posting Puisi sudah tidak bisa melakukan pengeditan melalui Dreamweaver, tetapi pengeditannya dilakukan menggunakan data base. Tampilan html.editor pada panel Posting Puisi dapat diedit seperti pada gambar diatas karena text areanya sudah diberikan plugin pada bagian ckeditor.

Untuk dapat menambahkan list puisi yang terdaftar pada panel Puisiku, langkah awal yang harus kita lakukan yaitu memposting puisi pada panel Posting Puisi. Agar puisi tersebut dapat disimpan dan ditampilkan pada web ini, saya menggunakan data base php MyAdmin. Untuk mengkoneksikan data puisi yang telah disimpan pada data base php MyAdmin dilakukan secara online melalui situs http://www.000webhost.com/ . Terlebih dahulu kita harus menjadi member dengan cara mengklik pilihan Sign Up. User lain juga dapat memposting puisi dengan bebas, namun untuk mengedit dan menghapus data hanya bisa dilakukan oleh admin saja.

Ditulis Oleh : Mhd.Ridwansyah ~E-STUDY

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mengoperasikan Macromedia Dreamweaver 8 yang ditulis oleh E-STUDY yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: Kamis, Juli 19, 2012

0 komentar:

Poskan Komentar